Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Zona Integritas

PENILAIANBobotJawabanNilai%Dokumen
A.PENGUNGKIT (60)6058,7597,92
I.PEMENUHAN (30)
1.MANAJEMEN PERUBAHAN
i.Penyusunan Tim Kerja0,50,5100
a. Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas ?YaLink
b. Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas ?ALink
ii.Rencana Pembangunan Zona Integritas11100
a. Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ?Ya1Link
b. Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM?A1Link
c. Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ?A1Link
iii.Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM11100
a. Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana ?A1Link
b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona IntegritasA1Link
c. Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti ?A1Link
iv. Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja1,51,5100
a. Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM ?YA1Link
b. Apakah sudah ditetapkan agen perubahan ?A1Link
c. Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi?A1Link
d. Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM?A1Link
2.PENATAAN TATALAKSANA3,53,5100
i.
Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama 
11100
a. Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansiA1Link
b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkanA1Link
c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasiA1Link
ii.Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik22100
a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi?A1Link
b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi?A1Link
c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi?A1Link
d. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik?A1Link
iii.Keterbukaan Informasi Publik
a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkanA1Link
b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publikA1Link
3.PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM APARATUR55100
i. Perencanaan kebutuhan Pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi0,250,25100
a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan?YA1Link
b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan?A1Link
c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja?YA1Link
ii.Pola Mutasi Internal0,50,5100
a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan?YA1Link
b.  Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan?A1Link
c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?YA1Link
iii.Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi1,251,25100
a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ?YA1Link
b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai?A1Link
c. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatanA1Link
d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya.A1Link
e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ?
A1Link
f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?A1Link
iv.Penetapan Kinerja Individu22100
a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasiA1Link
b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnyaA1Link
c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodikA1Link
d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll).A1Link
v.Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai (3)0,750,75100
a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikanA1Link
vi.Sistem Informasi Kepegawaian (1)0,250,25100
a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala.A1Link
4. PENGUATAN AKUNTABILITAS55100
i.Keterlibatan Pimpinan (5)
2,52,5100
a. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan PerencanaanA1Link
b. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan KinerjaA1Link
c. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkalaA1Link
ii.
Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5)
2,52,5
a. Apakah dokumen perencanaan sudah ada ?YA1Link

b. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil ?
YA1Link

c. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) ?
YA1Link
d. Apakah indikator kinerja telah SMART (Specifik, Measureable, Achievable, Relevant and Time) ?A1Link
e. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu ?YA1Link
f. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja ?A1Link
g. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja ?YA1Link
h. Apakah pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten ?A1Link
5.PENGUATAN PENGAWASAN7,57,5100
i.Pengendalian Gratifikasi (3)1,51,5100
a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasiA1Link
b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan
A1Link
ii.Penerapan SPIP (3)1,51,5100
a. Telah dibangun lingkungan pengendalianA1Link
b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakanA1Link
c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasiA1Link
d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkaitA1Link
iii.Pengaduan Masyarakat (3)1,51,5100
a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan
A1Link
b. Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjutiYA1Link
c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakatA1Link
d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjutiA1Link
iv. Whistle-Blowing System (3)1,51,5100
a. Whistle Blowing System telah diterapkanA1Link
b. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing SystemA1Link
c. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjutiA1Link
v.Penanganan Benturan Kepentingan (3)1,51,5100
a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utamaA1Link
b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasiA1Link
c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikanA1Link
d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan KepentinganA1Link
e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjutiA1Link
6
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
55100
i
Standar Pelayanan11100
a. Terdapat kebijakan standar pelayananA1Link
b. Standar pelayanan telah dimaklumatkanA1Link
c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayananA1Link
d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOPYA1Link
ii.Budaya Pelayanan Prima11100
a. Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan primaA1Link
b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai mediaA1Link
c. Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayananA1Link
d. Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standarA1Link
e. Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasiA1Link
f. Terdapat inovasi pelayananA1Link
iii.Pengelolaan Pengaduan11100
a. Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor!A1Link
b. Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayananA1Link
c. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasiA1Link
iv.Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan11100
a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayananA1Link
b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbukaA1Link
c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakatA1Link
v.Pemanfaatan Teknologi Informasi11100
a. Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayananA1Link
b. Telah membangun database pelayanan yang terintegrasiYA1Link
c. Telah dilakukan perbaikan secara terus menerusA1Link
B.TOTAL PENGUNGKIT6058,75
HASIL4037,9494,85%
1.BIROKRASI YANG BERSIH DAN AKUNTABEL
22,5021,4595,33%
a. Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal)17,53,7616,45%94,00%Link
b. Capaian Kinerja Lebih Baik dari pada Capaian Kinerja Sebelumnya555100Link
2.PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA17,5016,49%
a. Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal)17,53,7716,49%94,25%Link
TOTAL HASIL4037,9794,85%
NILAI PEMBANGUNAN ZI10096,6996,69%