KSATRIO SIRANCAK

Aplikasi Ksatrio Sirancak adalah singkatan dari Kerja sama Pelayanan Secara Elektronik dengan menggunakan Aplikasi (Eraterang, E Court, Diva dan SIAK) , kerja sama tersebut antara Pemda Pasaman Barat dengan Pengadilan Negeri Pasaman Barat adalah Kerja sama tersebut meliputi :

Masyarakat yang ingin mengajukan Permohonan ganti nama, Pengangkatan anak,Dispensasi Perkawinan, Perbaikan Kesalahan dalam akta kelahiran,Pendaftaran Perkawinan terlambat, Permohonan Lainnya menurut Peraturan Perudangan-undangan.


Masyarakat yang ingin mengajukan Surat Keterangan pailit, Surat Keterangan tidak pernah terpidana,Surat Keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnyan , Surat Keterangan dipidana karena ke alpaan ringan atau alasan politik,Surat Keterangan tidak memiliki tanggungan utang perorangan atau secara badan hukum yang menjadi tanggung jawabnya yang merugikan keungan Negara.


Masyarakat yang ingin mendapatkan info tentang Perkara jadwal sidang,Sisa Panjar Perkara, tilang, info Pejabat Pengadilan, Eraterang,Ecourt, Info Gempa, Info Covid 19 cukup menggunakan No whatsapp 085281666652 atau messenger https://m.me/digitalasisten atau line https://t.me/@digitalasisten_bot, mesin akan menjawab secara otomatis apa yang diinginkan oleh masyarakat Cara kerja pelayanan KSATRIO SIRANCAK adalah :

  1. setiap masyarakat yang ingin mengetahui pointtidak perlu lagi datang ke Pengadilan cukup dengan datang ke kantor camat setempat dan membawa persyaratan Permohonan, Foto Copy KTP suami istri,Foto Copy KK, Foto Copy Akta Nikah , Nomor Rekening, Email yang aktif dan No HP selanjutnya pihak Petugas camat yang akan ditunjuk melakukan verifikasi data jika lengkap maka petugas camat akan meneruskan data tersebut via email (data scan pdf) selanjutnya pengadilan akan membuatkan akun pemohon tersebut dan selanjutnya melalui petugas camat akan meninput data pemohon ke aplikasi ECourt selanjutnya dilakukan pembayaran oleh pemohon sehingga pemohon tersebut terdata pada aplikasi Ecourt dan SIPP Pengadilan Negeri Pasaman Barat selanjutnya diproses di Pengadilan Negeri Pasaman Barat dan dilakukan Pemanggilan secara elektronik dan selnjutnay dilaksanakan Persidangan dan pada hari itu juga diberikan penetapan dan dinas dukcapil hari itu juga memberikan Produk Capilnya (KTP,KK dan AKTE).
  2. Untuk Point dua juga begitu tidak perlu datang ke Pengadilan cukup datang ke kantor camat dengan membawa persyaratan Surat Permohonan, Foto Copy SKCK yang dilegalisir , Pas Photo 4×6 latar merah empat buah, Email Aktif, Foto Copy KTP jika syarat lengkap maka pihak kantor camat akan melakukan verifikasi dan selanjutnya dibuatkan akun pemohon oleh petugas kantor camat kemudian pihak pengadilan akan menerima otomatis permohonan tersebut melalui Aplikasi Eraterang dan Pengadilan Negeri akan memprosesnya jika tidak ada terdaftar perkara yang bersangkutan di Pengadilan maka aplikasi otomatis akan mengeluarkan surat keterangan yang bersangkutan.
  3. Untuk Point 3 cukup menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan internet dan ketik info yang dinginkan.