LKE Zona Integritas

PENILAIANBOBOTJAWABANNILAI%EVIDEN
A. PENGUNGKIT (60)60,058,7597,92%
I. PEMENUHAN30,030100,00%
1. MANAJEMEN PERUBAHAN4,04,00100,00%
i. Penyusunan tim kerja0,50,50100,00%
a. Unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona IntegritasYA 1Link
b. Penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelasA1Link
ii. Rencana Pembangunan Zona Integritas1,01,0100%
a. Terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBMYA1Link
b. Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBMA1Link
c. Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBMA1Link
iii. Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM1,01,0100%
a. Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencanaA1Link
b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona IntegritasA1Link
c. Hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjutiA1Link
iv. Perubahan pola pikir dan budaya kerja1,51,5100%
a. Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBMYA1Link
b. Sudah ditetapkan agen perubahanA1Link
c. Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasiA1Link
d. Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBMA1Link
2. PENATAAN TATALAKSANA3,53,5100%
i. Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama1,0
1,0100%
a. SOP mengacu pada peta proses bisnis instansiA1Link
b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkanA1Link
c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasiA1Link
ii. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)2,0   2,00100,00%
a. Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasiA 1 Link
b. Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasiA 1 Link
c. Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasiA 1 Link
d. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publikA1Link
iii. Keterbukaan Informasi Publik0,50   0,50100,00%
a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkanA 1Link
b. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publikA1Link
3. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM APARATUR5,0   5,00 100,00%
i. Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi0,25   0,25 100,00%
a. Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatanYA 1 Link
b. Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatanA 1 Link
c. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerjaYA1Link
ii. Pola Mutasi Internal0,50   0,50 100,00%
a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatanYA 1 Link
b. Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkanA 1 Link
c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerjaYA1Link
iii. Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi1,25   1,25 100,00%
a. Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensiYA 1 Link
b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, telah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawaiA 1 Link
c. Tingkat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatanA 1 Link
d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnyaA 1 Link
e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (seperti pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, coaching, atau mentoring)A 1 Link
f. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerjaA1Link
iv. Penetapan Kinerja Individu2,00   2,00 100,00%
a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasiA1Link
b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnyaA1Link
c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodikA1Link
d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian rewardYA1Link
v. Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai0,75   0,75 100,00%
a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikanA1Link
vi. Sistem Informasi Kepegawaian0,25   0,25 100,00%
a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkalaA1Link
4. PENGUATAN AKUNTABILITAS5,0   5,00 100,00%
i. Keterlibatan Pimpinan2,50   2,50 100,00%
a. Unit kerja telah melibatkan pimpinan secara langsung pada saat penyusunan perencanaanA1Link
b. Unit kerja telah melibatkan secara langsung pimpinan saat penyusunan penetapan kinerjaA1Link
c. Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkalaA1Link
ii. Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja2,50   2,50 100,00%
a. Dokumen perencanaan kinerja sudah adaYA 1Link
b. Perencanaan kinerja telah berorientasi hasilYA 1Link
c. Terdapat penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU)YA 1Link
d. Indikator kinerja telah telah memenuhi kriteria SMARTA 1Link
e. Laporan kinerja telah disusun tepat waktuYA 1Link
f. Laporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerjaA 1Link
g. Terdapat sistem informasi/mekanisme informasi kinerjaYA 1Link
h. Unit kerja telah berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangangi akuntabilitas kinerjaA1Link
5. PENGUATAN PENGAWASAN
i. Pengendalian Gratifikasi1,50   1,50 100,00%
a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasiA1Link
b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikana. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasiA1Link
ii. Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)1,50   1,50 100,00%
a. Telah dibangun lingkungan pengendalianA1Link
b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakanA1Link
c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasiA1Link
d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkaitA1Link
iii. Pengaduan Masyarakat1,50   1,50 100,00%
a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikanA1Link
b. pengaduan masyarakat dtindaklanjutiYA1Link
c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakatA1Link
d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjutiA1Link
iv. Whistle-Blowing System1,50   1,50 100,00%
a. Whistle Blowing System telah diterapkanA 1Link
b. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing SystemA1Link
c. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjutiA1Link
v. Penanganan Benturan Kepentingan1,50   1,50 100,00%
a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utamaA1Link
b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasiA1Link
c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikanA1Link
d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan KepentinganA1Link
e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjutiA1Link
6. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN
i. Standar Pelayanan5,0   5,00100,00%
a. Terdapat kebijakan standar pelayananA1Link
b.Standar pelayanan telah dimaklumatkanA1Link
c. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayananA1Link
d. telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayananYA1Link
ii. Budaya Pelayanan Prima1,00   1,00 100,00%
a. Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan primaA1Link
b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai mediaA1Link
c. Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayananA1Link
d. Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standarA1Link
e. Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasiA1Link
f. Terdapat inovasi pelayananA1Link
iii. Pengelolaan Pengaduan1,00   1,00 100,00%
a. Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor!A1Link
b. Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayananA1Link
c. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasiA1Link
iv. Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan1,00   1,00 100,00%
a. Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayananA1Link
b. Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbukaA1Link
c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakatA1Link
v. Pemanfaatan Teknologi Informasi1,00   1,00 100,00%
a. Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayananA1Link
b. Telah membangun database pelayanan yang terintegrasiYA1Link
c. Telah dilakukan perbaikan secara terus menerusA1Link
REFORM (30)30,0   28,75 95,83%
1. MANAJEMEN PERUBAHAN4,0  4,00 100,00%
i. Komitmen dalam perubahan2,00   2,00 100,00%
a. Agen perubahan telah membuat perubahan yang konkret di Instansi (dalam 1 tahun)I1,00Link
b. Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemenI1,00Link
ii. Komitmen Pimpinan1,00   1,00 100,00%
a. Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaanA1Link
iii. Membangun Budaya Kerja1,001,00100,00%
a. Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hariA1Link
2. PENATAAN TATALAKSANA  3,5   3,50 100,00%
i. Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan0,50   0,50 100,00%
a. Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatanA1Link
ii. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi1,00   1,00 100,00%
a. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisienA1Link
b. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisienA1Link
iii. Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat2,00   2,00 100,00%
a. Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimalA1Link
b. Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimalA1Link
c. Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimalA1Link
3. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM APARATUR5,0   5,00 100,00%
i. Kinerja Individu1,50   1,50 100,00%
a. Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnyaA1Link
ii. Assessment Pegawai1,50   1,50 100,00%
a. Hasil assement telah dijadikan pertimbangan untuk mutasi dan pengembangan karir pegawaiA1Link
iii. Pelanggaran Disiplin Pegawai2,00   2,00 100,00%
a. Penurunan pelanggaran disiplin pegawaiI1,00Link
4. PENGUATAN AKUNTABILITAS5,0   5,00 100,00%
i. Meningkatnya capaian kinerja unit kerja2,0   2,00 100,00%
a. Persentase Sasaran dengan capaian 100% atau lebihI1,00Link
ii. Pemberian Reward and Punishment1,50   1,50 100,00%
a. Hasil Capaian/Monitoring Perjanjian Kinerja telah dijadikan dasar sebagai pemberian reward and punishment bagi organisasiA1Link
iii. Kerangka Logis Kinerja1,50   1,50 100,00%
a. Apakah terdapat penjenjangan kinerja (Kerangka Logis Kinerja) yang mengacu pada kinerja utama organisasi dan dijadikan dalam penentuan kinerja seluruh pegawai?A1Link
5. PENGUATAN DAN PENGAWASAN7,5   7,50 100,00%
i. Mekanisme Pengendalian2,50   2,50 100,00%
a. Telah dilakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjangA1Link
ii. Penanganan Pengaduan Masyarakat3,00   3,00 100,00%
a. Persentase penanganan pengaduan masyarakatI1,00Link
iii. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan2,00   2,00 100,00%
a. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)I1,00Link
b. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)I1,00Link
6. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK5,0   3,75 75,00%
i. Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik2,50   1,25 50,00%
a. Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada:
1. Kesesuaian Persyaratan
2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
3. Kecepatan Waktu Penyelesaian
4. Kejelasan Biaya/Tarif
Gratis
5. Kualitas Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
6. Kompetensi Pelaksana/Web
7. Perilaku Pelaksana/Web
8. Kualitas Sarana dan prasarana
9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
A1Link
b. Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah: 1. Waktu lebih cepat 2. Pelayanan Publik yang terpadu 3. Alur lebih pendek/singkat 4 Terintegrasi dengan aplikasiLink
ii. Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi2,50   2,50 100,00%
Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsive dan bertanggung jawabA1Link
TOTAL PENGUNGKIT60,00   30 100,00%
B. HASIL40,0   37,94 94,85%
1. BIROKRASI YANG BERSIH DAN AKUNTABEL20   21,45 95,33%
a. Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal)17,5 3,76 16,45 94,00 %Link
b. Capaian Kinerja Lebih Baik dari pada Capaian Kinerja Sebelumnya5 5 5,00 100,00 %Link
2. PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA20   16,49 94,23%
a. Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal)17,5 3,76 16,45 94,00 %Link
TOTAL HASIL40,00   37,94 94,85%
NILAI PEMBANGUNANZI100   96,69 96,69%

Skip to content